Pages

Saturday, September 8, 2018

Tentang Curhat dan Bercanda


Beberapa hari terakhir saya mendapat komentar dari beberapa rekan, “Makanya jangan keseringan dengerin orang curhat sedih.. jangan terlalu serius..” atau, “Kamu keseringan denger cerita yang sedih-sedih sih.. jadi susah ketawa n gak bisa becanda.” Something like that. Tidak hanya sekali, tapi beberapa kali.

Ok, saya tau mereka mungkin cuma berseloroh. Mungkin karena di mata mereka saya terlihat berlagak ‘serius’ akhir-akhir ini, jarang ikutan becanda atau ketawa-ketawa. Mungkin juga saya dinilai sering bergaul dan banyak ngobrol dengan orang yang dianggap ‘serius’, yang kemudian dibahasakan dengan ‘sering dengerin cerita sedih’.

Dalam hati jadi tergelitik dan pengen nulis. Ada dua hal yang pengen saya komenin balik. Tapi berhubung kemungkinan akan panjang, jadinya lebih suka ditulis kayak gini deh.. wkwk. Sekalian lah buat bahan apdet blog, secara blog kok dah lumutan gini gak pernah diapdet-apdet.. hehe.

Pertama, soal ‘keseringan dengerin orang curhat sedih’.

Anggaplah saya sering ngobrol sama teman yang curhat. But what’s wrong dengan sering dengerin orang curhat? Atau cerita sedih? Apalagi kalo itu teman kita sendiri..

IMHO kalo kita punya teman tuh ya harapannya saat kita sedih atau punya masalah, dia bisa dan mau dengar cerita sedih kita.. tetap mau berteman di kala ups and down, gak cuma di saat-saat senang saja.

Nilai seorang teman justru bisa dilihat saat posisi kita lagi terpuruk atau di bawah. Di situ kita bisa tau, mana teman yang benar-benar teman, dan mana yang sekedar ‘teman numpang lewat’. Dan kalo saya sih pengennya jadi dan punya teman jenis yang pertama.

Terus terang selama ini lumayan sering jadi tempat curhat oleh beberapa teman. Padahal ya nggak pinter-pinter amat ngasih solusi lho, hehe. Alhamdulillah.. (eh maksudnya bukan bersyukur lihat teman kesusahan ya), berarti saya dianggap teman yang bisa dipercaya untuk menampung curhatan. Berarti saya dianggap teman yang nggak ‘ember’ yang suka menyebarluaskan cerita pribadi.  Aamiin.. insyaAllah.

Bukankah kalo pas kita punya masalah dan curhat ke seseorang, pengennya kan ya didengar, di’puk-puk’ dan di-keep curhatan itu agar jangan sampe ke mana-mana..? Just try to put myself in other’s shoes aja sih..

Sebenernya dari mendengar curhatan teman, kita juga bisa mengambil hikmah/pelajaran hidup, bisa lebih bersyukur, plus sebagai self-reminder juga.. jangan sampai kita jadi jumawa karena cobaan hidup bisa menimpa siapa saja. *aduh, sok bijak amat iniii.. hihi.

Ohya, kadang saya juga mendapat ide cerita setelah mendengar cerita sedih atau curhatan. Tapi itu dulu ding.. jaman masih lumayan produktif nulis, hehe. Ada beberapa cerpen di majalah dan beberapa artikel yang ide awalnya dapet dari curhatan-curhatan teman *ngaku.

Nah sekarang soal yang kedua, yaitu ungkapan ‘jangan terlalu serius’.

Hmm.. gimana ya. Sebenernya saya tuh orangnya fleksibel aja sih.. bisa serius, becanda juga sering. Cenderung suka becanda malah (walopun pendiem). Yang suka ngikutin status fb atau wa saya kayaknya tau (*jiaah.. sok pede), kalo isinya jarang yang serius amat dan sering bahas yang remeh-temeh, hehe.

Tapi nih ya, seiring umur yang udah gak muda lagi dan belajar dari tulisan-tulisan bijak / islami yang pernah saya baca, rasanya di umur yang sekarang ini udah waktunya mengurangi hal-hal konyol/guyonan lebay/having fun tanpa makna.

Bukannya trus jadi yang serius amat juga sih.. kita tau Islam juga tidak melarang tertawa atau bercanda, Rasulullah juga kadang bercengkerama dengan istri dan sahabat-sahabat beliau. Walopun ilmu saya belom sampai untuk bahas surah/hadis tentang hal ini.. tapi kayaknya kebanyakan bercanda juga nggak baik. Pernah dengar juga ada hadis yang menasihatkan kita untuk tidak terlalu bayak tertawa, karena akan mematikan hati.

Lagian inget umur aja sih.. kalo mau terlalu sering bercanda atau ikutan bercanda yang kebablasan kok ya rasanya udah gak pantes. Apalagi kalo becandanya malesin. Ah, kapan-kapan mau nulis juga ah tentang ini.. *kapan emangnya? pengen-pengen doang jarang eksekusi :D

Demikian ulasan kurang penting tentang curhatan dan becandaan. Udahan dulu ya.. ada teman yang mau curhat nih #eh ;)





*ilustrasi foto kurang nyambung dengan isi tulisan :D

No comments:

Post a Comment