Pages

Thursday, March 19, 2015

Cerita Hari Pertama



Jam istirahat. Ngeblog dulu..

Mau nulis yang agak-agak sensi nih. Tentang dunia (kerja) PNS versus swasta, khususnya di hari-hari pertama ngantor. Bukan bermaksud apa-apa, apalagi mau mendiskreditkan pihak tertentu (apaan sih, serius amat.. hehe).

Jadi ceritanya di kantor ada anak baru, CPNS alias Calon Pegawai Negeri Sipil. Ini hari keempatnya ngantor. Hari pertama ngantor datang agak siang, karena ke Kantor Bupati dulu untuk penerimaan SK. Tadi kebetulan ketemu (lagi) di ruang sekretariat. Anaknya lagi bengong, duduk-duduk sambil kutak-katik hp. Terkesan nggak tahu musti ngapain.

Saya tanya, sudah menghadap pimpinan belum? Katanya sudah, dan disuruh menghadap ke Kasubag Administrasi dan Umum. Terus sudah menghadap ke Pak Kasubagnya juga, tapi cuma disuruh menunggu instruksi lebih lanjut.

Hmm, jadi ingat pengalaman diri sendiri waktu masih jadi CPNS baru juga. Untunglah waktu itu saya tidak sendirian, tapi rame-rame 19 orang di satu kantor yang sama. Jadi saat bengong, banyak temennya deh, haha.

Pengalaman sebagai anak baru a.k.a CPNS di kantor pemerintah dulu kurang lebih sama bengongnya. Kami dikumpulkan di satu ruangan khusus, tanpa terlalu diberi pengarahan atau tugas tertentu. Biasanya ditempatkan di sekretariat/bagian umum lebih dulu.

Terus terang waktu itu saya masih blank dengan job-desc, atau istilahnya tuh tupoksi (tugas pokok dan fungsi) sebagai (C)PNS. Mau inisiatif minta kerjaan, belum dikasih. Dan kelihatannya para senior kok ya pada jual mahal ya, hehe.

Terkadang, jadi anak baru (CPNS) itu berarti kita harus menyiapkan diri dianggap ‘bodoh’ dan rela disuruh mengerjakan hal-hal remeh temeh macam fotokopi dokumen, mengetik ulang draft surat dan laporan, ngasih nomor surat, dll. Tak peduli walaupun kamu adalah sarjana teknik elektro (misalnya) dan sudah berpengalaman kerja bertahun-tahun di swasta.

Pengalaman beberapa teman PNS di beberapa kantor (yang beda dengan kantor saya) juga sama. Awal-awal masuk kantor, tidak jelas. Dan sering dianggap tidak tahu apa-apa, makanya cuma dikasih kerjaan di atas itu tadi :D.

Ada teman yang bete karena disuruh fotokopi bertumpuk-tumpuk dokumen. Ada yang sebel disuruh baca macam-macam undang-undang. Bahkan mantan bos saya cerita, dulu saat awal jadi PNS kerjaannya adalah mengelem amplop surat! *sigh*

Sebagai mantan pekerja swasta, terus terang kaget juga saat awal-awal berganti peran jadi PNS.  Secara dulu di swasta terbiasa gerak cepat. Dan bicara tentang hari-hari pertama ngantor, beda banget pengalaman ketika jadi ‘anak baru’ di kantor swasta.

Awal ngantor di kantor pertama, kebetulan langsung training. Nggak ada cerita bengong atau don’t know what to do. Pas pindah ke kantor kedua (masih di swasta), hari pertama ngantor disambut bos (maksudnya dikasih briefing soal kerjaan, hihi) dan langsung kutak-katik kerjaan. Pendeknya lebih ‘teknis’ lah kegiatannya dibandingkan awal masuk kerja di kantor pemerintah :D.

Demikian sekilas pengalaman pribadi dan beberapa teman tentang hari pertama kerja, antara di kantor pemerintah dengan di swasta. Tapi mungkin tidak semua kantor pemerintah seperti cerita di atas tadi. Tergantung kantornya juga kali ya.

Nah itu tadi cerita saya. Bagaimana dengan teman-teman semua?

1 comment:

  1. hehehe. Tahun 2006-an saya baru jadi CPNS. Tahu gak apa pekerjaan saya mba? Disuruh nyapu. Jadi, tiap hari saya disuruh nyapu ruangan. Mana saya kaga punya meja kerja bahkan hingga saya mutasi ke jakarta. Tuh kantor OB kaga ada. Beruntung, selang 3 bulan derajat mulai naik gara-gara ilmu. Kepala kantor nyuruh saya mbenerin komputer rusak. Allah menolongku, akhirnya saya bisa membetulkan tuh komputer. Bongkar pasang motherboard, memory ma processor. Padahal dulu saya belum terlalu mahir, tapi karena ilmu nekad dan membaca di internet, akhirnya berhasil juga tuh komputer dibenerin.

    Naik tingkat, dimata kepala dianggap saya punya skill. Terus disuruh bikin tulisan laporan sutdy banding. Lalu, saya bikinkan, tanpa disangka kepala puas dengan hasil tulisanku. Berlanjut disuruh bikin naskah pidato. Pas kebetulan kepala mbaca opiniku dikoran yang saya kirimkan. Makin terkejut dia. Mulailah dia terbuka pikirannya agar saya membuat ide-ide brilian untuk kemajuan kantor.

    ReplyDelete