Pages

Wednesday, December 29, 2010

My First Day in Campus

“You Indonesian students, are just like brothers and sisters. All of you look alike. And you always go together… all together.. Everywhere!!”

Hahaha.. aku jadi geli sendiri sama kalimat yang dibilang Justine, teman baruku si cewek heboh asal Rwanda, persis di hari pertama kami masuk kampus. Jadwal hari ini, Rabu 6 Oktober adalah Opening Events of the M.Sc. Programme in Urban and Management Development. Bertempat di Gedung T lantai 14 kampus Erasmus University – Rotterdam, jadwal acara pagi ini dimulai jam 09.15.

Dari apartemen kami di Weenapad, kami berangkat sekitar jam 8 pagi. Jam segitu di Rotterdam pagi ini kliatan masih agak gelap.. kayak jam 6-an pagi di Jogja. Apalagi cuacanya mendung dan hujan rintik-rintik. Tapi menurutku dinginnya sih masih agak ketahan… aku cukup pake kaos lengen panjang yg didobelin jaket kaos tipis (soalnya aku gampang gerah en keringetan, jadi males pake jaket tuebel2 kalo cuaca nggak dingin banget). Plus bawa jaket parasut tipis hasil ngembat Emma, adekku di Bekasi, pas mampir di rumahnya sebelum ciao ke Belanda.. jaga2 aja kalo aku dah mulai gak nahan ama dinginnya hawa di Rotterdam. Dipandu oleh Miss Parmelia Hussain yg cakep en ramah, jadilah rombongan anak baru IHS berbondong-bondong jalan kaki ke Stasiun Centraal Rotterdam, nyegat traam nomor 7 buat pergi ke kampus.

Sampe di kampus kami disambut Ms. Cocky yg selama ini cuma kontak2an sama kami via email. Ternyata doi lebih ramah daripada yg kukira sebelumnya. Ada juga Mr. Rene yg pas kontek2an di email nanyain soal akte kelahiran sempet kukira cewek (abis namanya nyerempet2 ‘Reni’, jadi kirain cewek :D). Setelah coffee and tea time di bar area, kami masuk ke classroom buat sesi introduction. Di sini kita juga terima allowance (wah, ternyata lebih cepet dibanding perkiraan semula! Horree..!!), en ada picture taking juga setelah lunch break. One by one lho fotonya.. taken by Mr. Ruud Frank. Mungkin buat foto di kartu pelajar ya..? Foto2 author IHS Thesis Series juga kayaknya diambil dari sini.

Selanjutnya adalah official opening of the programme by the director of IHS plus sedikit kuliah pembuka di Senaat Hall, A-Building. Oya, sebelumnya kami sempetin dulu buat solat dzuhur. Ternyata ada juga musholla kecil en nyempil di kampus, di lantai dasar Gedung N. Lumayan empet2an buat solat sih, tapi Alhamdulillah masih disediain di kampus. Lagian gak pa-pa agak empet2an..kan hawanya dingin, jadi lumayan bisa skalian buat ngangetin badan :D

Nah, pas kuliah yg bertema Climate Change ini kuliat beberapa students mulai ngantuk. Aku sempet mergokin 3 students China yg nguap en terkantuk-kantuk, bahkan sampe ketiduran. Iya sih, kuliahnya udah sore gitu.. Ternyata gak cuma kita2 di Indonesia aja ya.. yg suka ngantuk pas jam kuliah. Tapi tampang2 ngantuk en teler selama kuliah langsung berubah jadi sumringah en cerah ceria begitu kuliah kelar dan dilanjutin reception with drinks di Cum-Laude Hall yg menjadi acara terakhir hari ini. Sekali lagi: gak cuma di Indonesia…

Ngomong2 tentang temen seangkatan, jumlah anak baru di UMD IHS ada 93 orang dari 29 negara. Kebanyakan sih dari Indonesia ama China.. skor-nya 27 – 21 untuk Indonesia :D. Selebihnya dari negara2 lain, macem2 warna kulit, macem2 warna en bentuk rambut juga. Pas empet-empetan di lift aku tadi ngamatin rambut salah satu cewek afrika di sebelahku.. mikirin gimana ya caranya ngepang rambut kriting jadi kepangan kecil2 rapi gitu.. kagum juga ama pengepangnya (btw ngepang sendiri atw dikepangin ya..? penasaran beneran euy… sumpah!). Di classroom sempet kenalan en ngobrol lumayan akrab juga sama Giulia, arsitek kece dari Bologna-Italy. Trus pas reception di Cum-Laude Hall ngobrol sama si Mubeen yang waktu kenalan ngakunya dari New York, tapi kuliat di daftar absen kok asalnya dari Pakistan ya..? Hihi.. gak tau deh yang error aku apa dia. Ada lagi si mungil Tasneem dari India yg sempet ngasih tips praktis buat c***k di toilet kampus yg no water available laiknya toilet2 di tempat2 lain di Londo sini. Dan yang paling heboh adalah si Justine dengan trio Destiny’s Child-nya, bareng Immaculate en Adrine.

Selain kepangan rambut yg bikin aku terkesan, English-nya temen2 dari Afrika ini juga bikin aku terkesan in a different way, hehe. Mereka lancar speaking English-nya.. tapi susah ditangkep maksudnya. Pronunciation-nya aneh. Beberapa temen dari Indonesia juga ngerasain hal yg sama.. brarti bukan aku sendirian yg tulalit dg English mereka :D Kalo temen-temen dari China menurutku relatif sama dengan kita.. mereka suka ngumpul2, ke mana2 bareng, en ngobrol2 pake bahasa mereka sendiri. Yang beda adalah dari segi fesyen.. mereka – terutama cewek2nya – jauh lebih modis dan gaya dibandingin kita ('kita'..?? lo aja kali Fi.. hehe)

Well.. that’s just my first day in Erasmus University. Lumayan capek, tapi seneng dapet banyak pengalaman baru. Capek jalan kakinya.. belum punya sepeda sih (ntar kalo dah punya sepeda bilangnya capek nggenjot sepeda deh :D). Sore itu kami pulang ke Weenapad dengan naik tram nomor 21, yang ternyata tarifnya lebih murah daripada tram no. 7. Yaa.. namanya juga lagi jadi mahasiswa… harus ngirit dong.. :D

2 comments:

  1. waaah ternyata sesama Rotterdamers, Erasmus pula. Saya dulu penghuni gedung J mak. heheheh

    ReplyDelete