Pages

Monday, September 11, 2017

tentang pedagang keliling

habis nganter anak sekolah.. dari jauh melihat bapak-bapak yang jalan kaki sambil manggul tangga bambu. pas udah dekat ternyata tangganya lebih dari satu.

saya hentikan motor mendekati dan bertanya, "mau dijual pak, tangganya?"

"iya mbak."
si bapak menjawab sambil menurunkan tangga-tangganya.


"berapaan pak, harganya?"

"yang kecil 100ribu. yang besar 125ribu, mbak.."

sebenernya pengen nglarisi dagangan si bapak. biar kalo pas butuh 'pènèkan' alias panjat-memanjat gak usah pinjem sama tetangga.
tapi mikir gimana bawanya ya.. rumah masih jauh je.


akhirnya gak jadi beli. cuma nanya aja trus pamit sambil bilang, "semoga laris dan habis ya pak, tangganya.."
*dalam hati mbatin: maaf pak, cuma bisa doain..


lain waktu saya ketemu sama ibu-ibu penjual bantal-guling di sebuah masjid. beliau lagi mau meneruskan jalan keliling menjajakan dagangannya setelah solat. banyak dan tinggi sekali susunan bantal guling yang digendongnya.

seperti biasa saya tanya-tanya. cerita si ibu, beliau jauh-jauh datang dari pemalang ke semarang untuk jualan.
akhirnya saya beli 1 bantal, 25rb. warna ijo gambar hello kitty.



kadang suka kasian kalo nemu penjual-penjual keliling yang bawa barang besar-berat gitu.. masyaAllah ya, ikhtiar mereka untuk mencari nafkah.

pernah juga pas nganter anak sekolah papasan sama bapak-bapak yg jalan kaki keliling ngangkut 'gedhèk' (anyaman bambu).. keliatan berat. pulangnya ketemu lagi, kali ini si bapak lagi istirahat duduk di bawah pohon.

saya brenti dari motor dan bertanya ttg dagangannya itu. beliau bilang harganya 200rb. katanya mau jalan ke daerah 'sigar bencah' yg lagi ada proyek, mungkin ada yg mau beli.
wah, padahal masih lumayan jauh daerah itu. mungkin 2-3 kilometeran.. dan jalannya menanjak. (sayang si bapak ini kok merokok.. jadi agak berkurang deh respeknya, hehe )
lagi-lagi saya cuma bisa mendoakan, "semoga segera laku ya pak, gedhèknya.."
hiks :(


adakah rekan yang punya pengalaman mirip..? ingin 'nglarisi' dagangan pedagang keliling, tapi bingung caranya gimana..

kalo yang dijual bantal, keset, sapu, dll yang gampang dibawa sih nggak masalah. nah kalo yg jualannya berat-susah dibawa seperti tangga bambu dan gedhèk tadi, kira-kira solusinya gimana?

monggo sharingnya..

*ilustrasi adalah foto bantal hello kitty yang saya beli dari ibu pemalang. kainnya tipis dan bantalnya keras. tapi berharga sbg pengingat, bahwa saya harus banyak-banyak bersyukur..

 

No comments:

Post a Comment