Pages

Tuesday, November 20, 2012

Dimuat (tapi salah judul) di Republika

Alhamdulillah, tadi siang saya diberi tahu seorang teman di Facebook bahwa naskah traveling saya dimuat di koran Republika hari ini. Wah, lumayan cepat juga terbitnya. Saya baru mengirim naskah via email tanggal 12 November lalu. Tidak sampai dua minggu ternyata sudah dimuat.

Sayangnya Republika agak teledor. Judul tulisan di naskah yang saya kirim adalah "Masjid Essalam Rotterdam". Namun judul yang tertera di koran berubah menjadi "Masjid Essalam Amsterdam". Sebuah kekeliruan yang fatal, menurut saya. 

Judul yang keliru tersebut bisa merugikan pembaca dan juga saya. Merugikan pembaca, karena kesalahan judul akan memberikan informasi yang keliru kepada pembaca (apalagi jika pembaca hanya membaca judul saja tanpa membaca isi artikel). Merugikan saya pula, karena bisa jadi saya dianggap salah memberikan informasi, kurang teliti, tidak betul-betul datang ke lokasi obyek yang ditulis, atau bahkan dikira hanya copy-paste entah dari mana.

Tapi bagaimanapun saya senang dan bersyukur tulisan saya dimuat di Republika. Semoga ini membuat saya semakin rajin untuk menulis. Aamiiin.. :)


4 comments:

  1. kl salah judul gitu kita bs minta ke medianya utk koreksi gak sih mbak?

    ReplyDelete
  2. kemaren saya langsung email redaksinya mbak. trus dijawab bahwa koreksi akan disampaikan pada edisi berikutnya. gitu.. :)

    ReplyDelete
  3. Oalah, yang nulis ini dirimu tow mbak. Aku baca tulisanmu mbak, aku kebetulan langganan Republika. Kenal mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak ika. salam kenal balik yaaa ^_^

      Delete